Oct 8, 2011

Apa Itu Blog..?



Apa Itu Blog..?
"Sebenarnya apa siich blog itu...?" Itulah pertanyaan yang sering Saya terima dari temen-temen yang masih awam dengan dunia internet.Menurut Saya,blog itu bisa diibaratkan sebuah rumah,orang akan sering berkunjung ke rumah kita apabila apa yang tengah dicari orang tersebut tersedia di rumah kita,apalagi kalau rumah kita itu kita design dengan indahnya,kita layani dengan ramah,pasti para pengunjung tersebut akan betah di rumah kita. Begitu juga dengan blog,blog adalah rumah kita di dunia maya.
Orang akan sering berkunjung ke blog kita apabila banyak informasi yang bisa didapatkan oleh pengunjung tersebut,lebih-lebih kalau design dari blog kita bagus,bahkan tidak segan-segan dia akan datang kembali dilain waktu.
Arti blog itu sendiri menurut bahasa adalah singkatan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal online mereka.Untuk lebih jelasnya baca sejarah asal usul blog.

Menurut Wikipedia,Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

Dari berbagai referensi tentang pengertian blog tersebut dan sesuai dengan situasi dan kondisi serta manfaat dari blog tersebut untuk masa kini,Itok’s blog menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan blog adalah  website yang isinya bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video yang diupdate secara berkala, diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan bisa dikomentari oleh visitornya.
Sekiranya,itulah definisi dari blog yang bisa saya jelaskan,bagi yang kurang berkenan atau kurang pas atau bahkan penjelasan ini terlalu berbelit-belit kayak benang kusut ,jangan ragu,mari kita luahkan dalam kotak komentar di bawah. Keep blogging…

0 comments:

Post a Comment