Aug 30, 2011

Penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah

Selepas  berbuka puasa kemarin malam tepatnya 29 Agustus 2011 atau 29 Bulan Ramadhan,terdengar suara gema takbiran dari semua penjuru di kampungku,bahkan dah turun kejalan mengadakan pawai menyambut datangnya Hari Raya Idul fitri,tapi selang beberapa saat semuanya berhenti,tiada suara geme takbiran lagi,dalam hati saya bertanya, ada apa ya..? Eh temen datang ngasih tau kalau lebarannya Tidak jadi alias puasanya mengalami perpanjangan waktu hehehehe...Kok bisa..? Ternyata pemerintah baru saja mengadakan Sidang Isbat yang menyatakan bahwa 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada Hari Rabu 31 Agustus 2011 Masehi.
Dan berikut ini merupakan berita hasil penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah berdasarkan hasil sidang Isbat yang dilakukan oleh para Ulama pada pukul 19.00 WIB yang saya ambil dari inilah.com:

    INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah memutuskan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011.

    "Pemerintah menetapkan 1 Syawal pada hari Rabu, 31 Agustus 2011," kata Menteri Agama Suryadharma Ali usai sidang Isbat yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

    Keputusan ini diambil setelah sidang Isbat di Kementerian Agama, Senin (29/8/2011) yang dipimpin oleh Menteri Agama Suryadharma Ali. Sidang ini diikuti oleh sejumlah organisasi masyarakat di antaranya Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), Persatuan Islam, Duta Besar negara sahabat, ahli perbintangan dan lainnya.

    Sidang dimulai dengan mendengarkan laporan tinggi hilal dari beberapa negara, dan dari petugas Rukyat di seluruh Indonesia. yang dibacakan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ahmad Jauhari. Dari laporan dari 30 lokasi, mulai dari Sumatra Barat hingga Indonesia Timur menyebutkan belum melihat hilal atau bulan tanda awal bulan baru.

    Keputusan juga diambil setelah mendengarkan pendapat dari pihak terkait seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdatul Ulama, Persatuan Islam, dan organisasi masyarakat, ahli perbintangan untuk menggenapkan puasa selama 30 hari.


Demikian berita hari ini mengenai Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah Hasil Sidang Isbat, dengan hasil bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada Hari Rabu 31 Agustus 2011 menurut kalender Masehi.

0 comments:

Post a Comment